WELCOME

"EVERY path may lead you to God, even the weird ones. Most of us are on a journey. We’re looking for something, though we’re not always sure what that is. The way is foggy much of the time. I suggest you slow down and follow some of the side roads that appear suddenly in the mist." Welcome to my blog....!!! I am sorry, this blog in Indonesian. But you can read China Experience, , Taiwan JMV (Chinese), TAIZE(indonesian ,English , Song)The Prayer ,Indonesian radio, Movie, GOOD NEWS, If you want to see about our group, please stick on http://www.cmglobal.org/index.html It's our international network. Also The Church in China (English) (Chinese) Church In Taiwan (Chinese), Vincentian Chinese Vocation Animation (Chinese),

Cina - Taiwan sepakati kerjasama

Inilah kutipan dari Radio BBC tentang membaiknya hubungan Taiwan-China

China dan Taiwan menandatangani kesepakatan bersejarah untuk meningkatkan perdagangan dan jalur transportasi langsung,.

Kerjasama ini dicapai dalam kunjungan pejabat tertinggi Cina ke Taiwan pertama dalam beberapa dekade. Kesepakatan meliputi penambahan jumlah penerbangan komersial langsung mingguan antara kedua negara menjadi tiga kali lipat dan pengiriman kargo antara pelabuhan Cina dan Taiwan. Perjanjian ini juga akan meningkatkan layanan pos dan keselamatan makanan. 
Cina menganggap Taiwan bagian dari kedaulatannya meski kedua wilayah ini sudah memerintah sendiri-sendiri sejak tahun 1949. Kesepakatan itu diumumkan di hari kedua kunjungan Chen Yunlin, pejabat tertingi Cina yang membidangi hubungan dengan Taiwan. Sebelumnya, masalah kedaulatan membuat kapal dan awak kapal harus melalui negara ketiga yang memakan biaya tinggi, sementara penerbangan antara Cina dan Taiwan harus berakhir di Hong Kong atau Macau. 

Kesepakatan:
Penerbangan carter langsung ditingkatkan dari 36 menjadi 108, dan bisa beroperasi setiap hari dari empat hari seminggu. 
Rute perjalanan akan diperpendek dan jet pribadi akan diijinkan beroperasi.
Pengapalan kargo langsung dibuka di 11 pelabuhan Taiwan dan 63 Pelabuhan Cina, tanpa pajak. 
Penerbangan kargo langsung diijinkan beroperasi setiap bulan.
Layanan pengiriman pos langsung akan diperluas untuk memperbaiki waktu kirim, sekarang bisa 10 hari lamanya. 
Kedua negara akan membentuk sistem siaga keselamatan makanan.


Taiwan hanya memiliki hubungan diplomatik dengan sedikit negara. Sejak kubu Komunis Mao Zedong menang dalam perang saudara dan Kuomintang yang kalah mundur ke Taiwan, Cina menganggap wilayah itu sebagai propinsi yang memisahkan diri dan berulangkali mengancam akan mempersatukan kembali dengan paksa. 

Aksi protes di Taipei
Kesepakatan dagang paling baru ini dicapai setelah kedua kubu mengadakan pertemuan pejabat tinggi pertama pada bulan Juni lalu di Beijing. Perbaikan hubungan ini terjadi setelah Ma Ying-jeou terpilih sebagai presiden Taiwan. 

Namun, upaya presiden Taiwan untuk mengakhiri pertikaian politik dengan Beijing diprotes di Taiwan, antara lain dengan menuduhnya "menyerah" pada Cina daratan. Kelompok-kelompok pro kemerdekaan mengadakan protes kecil di Taipei saat Chen Yulin berkunjung, dengan mengibarkan bendera dan poster. Ribuan polisi dikerahkan untuk menjaga keamanan Chen Yunlin, setelah para pengunjuk rasa mendorong dan membuat wakilnya Zhang Mingqing jatuh saat dia berkunjung ke Taiwan bulan lalu.

Menurut saya ini akan menjadikan lingkungna di Taiwan mejadi lebih baik asal pemerintah Taiwan tetap menjaga kedaulatan Negara dan tidak menyerah kepada China dan kemudian menjadi negara komunis. Banyak orang di sini yang tidak setuju dengan sistem komunis yang berada di China karena telah membungkam kebebasan berexpresi dan hak-hak individu, terutama kebebasan beragama.